Pengertian Bencana Alam beserta Klasifikasinya

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi bencana alam cukup besar. Namun tahukah kamu apa pengertian bencana alam? Untuk mengetahui definisi bencana alam di bawah ini akan kami sampaikan secara singkat. 

Manusia sebagai salah satu makhluk hidup tentunya harus bisa menyatu dengan makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan di lingkungan alam kita. Akan tetapi keadaan alam pada dewasa ini seakan sering dilanda bencana baik karena faktor alami maupun kerusakan ekosistem di dalamnya.

Pengertian bencana alam
Bencana alam adalah salah satu bencana yang terjadi akibat peristiwa alam. Lebih lanjut peristiwa ini akan mengganggu keselamatan manusia baik dalam kehidupan maupun dalam penghidupan. 

Dari definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa bencana alam merupakan sebuah fenomena alam yang mengancam serta mengganggu makhluk hidup yang berhabitat di mana bencana itu terjadi dan biasanya berupa kerusakan alam.

Bencana alam di Indonesia yang kerap terjadi antara lain: Banjir, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Tsunami, Kekeringan, Puting Beliung, Gunung Meletus dsb.
gambar-dalam-pengertian-bencana-alam-yang-sering-terjadi-di-indonesia

Klasifikasi dalam Bencana Alam
Dalam pengelompokan jenis bencana alam setidaknya terdapat 3 jenis yang dilihat dari faktor penyebab fenomena tersebut terjadi. Adapun ketiga jenis bencana alam tersebut adalah:
  • Bencana Geologis: merupakan fenomena alam yang terjadi akibat gaya endogen dari perut bumi. Contoh: Tsunami, Gempa Bumi, Gunung Meletus.
  • Bencana Klimatologis: yakni bencana yang terjadi akibat fenomena alam khususnya angin dan hujan yang berlebihan. Contoh: Banjir bandang, kekeringan, puting beliung dll.
  • Bencana ekstra-terestrial, merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh benda-benda luar angkasa.

Semoga uraian singkat tentang pengertian bencana alam beserta klasifikasinya dapat menambah wawasan kita serta lebih siaga dalam menghadapi fenomena alam yang terjadi di lingkungan kita.

Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top