Sejarah Kesenian Tari Piring Minangkabau

Tahukah kamu bagaimana sejarah kesenian tari piring? Salah satu kesenian tradisional yang hingga kini masih kerap terlihat dipentaskan dalam beberapa momen ini merupakan salah satu kesenian tari tradisional. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai asal usul tari piring ada baiknya kita simak bersama uraian singkat di bawah ini.

Orang Minangkabau sendiri lebih akrab menyebut tarian ini dengan nama Tari Piriang. Dinamakan demikian tentu bukan tanpa alasan melainkan karena jenis tarian ini menggunakan properti utama beberapa piring. Pada mulanya tarian ini menjadi salah satu ritual untuk mengungkapkan rasa syukur kepada para Dewa yang biasanya dilakukan sesaat setelah melakukan panen raya.
sejarah-tari-piring

Demikian sejarah kesenian tari piring yang berasal dari Minangkabau bermula. Dalam perkembangannya khususnya setelah masuk dan berkembangnya agama Islam di wilayah tersebut tarian piring tidak lagi digunakan sebagai ritual pada upacara tertentu. Namun lebih dipertunjukkan sebagai salah satu kesenian tradisional khas dari Minangkabau.

Ciri khas pertunjukan tari piring ini terdapat pada properti tari piring, serta gerakan yang ditampilkan dalam tarian tersebut. Busana serta alat musik yang dipergunakan dalam pertunjukan kesenian ini juga merupakan kekayaan tradisional masyarakat Minangkabau. Gerakan yang ditampilkan oleh para penari pada umumnya berupa gerakan memutar, berguling, dan berjingkrak sambil membawa dan memainkan piring dalam kedua telapak tangannya.

Pada beberapa pertunjukan tari piring juga diperlihatkan di modifikasi dengan adanya lilin tepat berada di tengah masing-masing piring. Sementara itu, sebagian orang lainnya meyakini bahwa gerakan yang terdapat dalam tarian piring merupakan gerakan yang diambil dari gerakan silat khas dari Minangkabau.

Bagaimana sobat? Setelah mengetahui sejarah kesenian tari piring apakah kamu tertarik untuk berlatih tarian tradisional khas dari Minangkabau tersebut?
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top