TAMAN SARI

Siapa yang tak kenal dengan situs budaya yang satu ini. Meskipun terletak di tengah kota, Taman sari sangat menarik untuk dikunjungi. Menurut sejarah, situs kebudayaan Taman sari merupakan bangunan peninggalan kejayaan kerajaan ngayogyokarto hadiningrat. Dibangun pada masa kekuasaan pangeran mangkubumi yang kemudian bergelar Hamengku Buwana I. 

Sebagai mana namanya Taman sari berarti taman air yang pada masa tersebut diperuntukkan sebagai tempat Raja dan Keluarga bermain dan bersantai. Sampai saat ini kemegahan bangunan ini masih dapat kita jumpai dengan bangunan depan berupa pintu gerbang menuju taman tersebut. 
Meskipun di dalam wilayah Taman sari kini telah berdiri pemukiman warga, namun keindahan serta ketenangan dari kemegahan bangunan peninggalan kejayaan masa lalu. Di dalam Taman tersebut juga masih terdapat kolam yang disinyalir dulunya merupakan tempat pemandian raja dan para selir. Disekeliling kolam terdapat bangunan- bangunan penjagaan guna menjaga keselamatan raja dan para selir. Selain bangunan dan kolam wilayah taman sari juga terdiri dari beberapa bangunan utama termasuk adanya jalan terowongan yang sampai saat ini masih menyisakan misteri.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top