Deskripsi Tari Piring

Deskripsi tari piring. Tak perlu diragukan lagi bahwa keberadaan tari piring menjadi salah satu kekayaan tradisional negara Indonesia. Sajian tarian yang berasal dari minangkabau sumatera barat ini memang cukup menghibur bagi para penonton. Selain unik kesenian khas dari kota Solok ini juga memberikan sajian menarik baik dari segi gerakan, properti, maupun kostum yang dikenakan oleh para pemain. Di bawah ini kami uraikan secara ringkas terkait materi tersebut.

Pengertian tari piring

Tari piring merupakan salah satu kesenian tradisional dalam bentuk tarian yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Kesenian ini menampilkan gerakan berputar, serta ditambah dengan atraksi kelincahan memegang properti tari piring. Pada awalnya seni tari ini diciptakan dan dipertunjukkan dalam salah satu upacara adat Minangkabau khususnya upacara pasca panen. Dengan kata lain tari piring yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang mereka dapatkan.
deskripsi-tari-piring

Perkembangan tari piring

Berikutnya Deskripsi tari piring terdapat pada Keunikannya, keunikan tari piring membuat kesenian khas ini berkembang pesat. Selama satu dasawasa tarian ini telah mampu memberikan dogma kepada masyarakat sumatera barat pada khususnya dan pada masyarakat Indonesia pada umumnya. Tidak heran jika keberadaan tari piring masih tetap eksis hingga kini.

Meskipun pada awalnya sejarah tari piring ini merupakan ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa, akan tetapi seiring perkembangan zaman dan lunturnya kepercayaan masyarakat Minangkabau terhadap keberadaan Dewa serta tergantikannya agama hindu-budha dengan Islam perlahan kesenian ini dipentaskan sebagai kesenian murni yang menyajikan kreatifitas, keunikan, serta hiburan bagi setiap orang yang menonton.

Dengan memahami secara singkat mengenai pengertian tari piring serta perkembangannya semoga dapat memberikan tambahan wawasan dalam deskripsi tari piring yang berasal dari Minangkabau Sumatera Barat.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top