Pengertian Seni Kriya Tekstil

Setelah kemarin kita sempat membahas mengenai fungsi seni kriya. Kini kita akan membahas mengenai pengertian seni kriya tekstil.

Pengertian seni kriya tekstil adalah sebuah karya tangan manusia yang disusun melalui anyaman dan mengikat antara yang satu dengan yang lain.

Dari pengertian di atas tentu kita dengan mudah dapat memberikan contoh seni kriya tekstil. Di antara produk kesenian tekstil adalah: selimut, pakaian, sprei, sarung, taplak meja, dll.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kriya tekstil di Indonesia dikelompokkan menjadi 2, yakni tekstil modern dan tekstil tradisional. Mengenai pengertian kedua jenis tekstil tersebut dapat kita simak di bawah ini:
  • Seni tekstil modern: merupakan hasil kerajinan tangan yang dipergunakan sebagai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan secara fungsional dan praktis. Contoh: Topi, Tas, kaos, baju, celana, jilbab, Sepatu, Kain tirai, Sarung bantal, Tudung saji. Contoh lain dari tekstil modern tentunya dapat kita temukan dengan mudah di lingkungan bahkan rumah kita masing-masing.

seni-kriya-tekstil
  • Seni tekstil tradisional: adalah sebuah hasil kerajinan tangan yang digunakan sebagai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan tradisional. Lebih lanjut mengenai kebutuhan tradisional dapat kita temukan pada upacara adat, maupun acara adat lainnya. Contoh: Baju daerah, kain ulos, Kain cepuk, Kain poleng bali, dll.

Semoga artikel singkat mengenai pengertian seni kriya tekstil di atas dapat memberikan kita wawasan baru mengenai seni kriya di Indonesia. 
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top