Kerajaan Tarumanegara

Salah satu bukti kebudayaan Hindu yang terdapat di Indonesia adalah ditemukannya situs kerajaan tarumanegara. Sebuah kerajaan yang muncul pada abad ke-4 ini memiliki peran penting dalam penyebaran agama Hindu di nusantara khususnya wilayah pulau jawa. Kemegahan dan luas kekuasaan serta kebudayaan yang hingga kini masih meninggalkan jejak-jejak sejarah mendukung teori yang menyatakan kejayaan Hindu di Indonesia.

Tarumanegara merupakan salah satu dari sekian banyak kekuasaan yang silih berganti dalam sejarah perjalanan Indonesia. Kerajaan yang juga memiliki sebutan taruma ini diyakini muncul pada abad ke-4 dan mulai mengalami kemunduran serta keruntuhan pada kisaran abad ke-7. Bukti sejarah berupa artefak dan bangunan bercorak Hindu meyakinkan kita bahwa tarumanegara merupakan kerajaan bercorakan Hindu. Pada perkembangannya para ahli sejarah meyakini bahwa kerajaan tarumanegara terpisah menjadi dua bagian yakni Sunda dan Galuh. 
kerajaan-tarumanegara

Beberapa sumber yang menyatakan keberadaan taruma diantaranya berbentuk prasasti yang tersebar di wilayah jawa barat seperti Banten, Jakarta , Bogor dan juga berupa sumber berita dari luar negeri yakni china. Selain peninggalan berupa prasasti berbagai artefak dan benda-benda yang disinyalir merupakan peninggalan taruma ditemukan di wilayah jawa barat bahkan Pada baru-baru ini di wilayah karawang diketemukan sebuah situs Batujaya. Menurut para peneliti situs Batujaya merupakan sebuah bangunan yang didirikan pada abad ke-5 lebih tepatnya pada masa kejayaan tarumanegara. 

Bagi anda yang ingin melihat secara langsung koleksi kepurbakalaan peninggalan kerajaan tarumanegara dapat kita lihat bersama dengan mengunjungi museum sri baduga di karawang. Dalam museum tersebut kita dapat mempelajari sejarah kerajaan tarumanegara secara lengkap dan mendalam mulai dari artefak, prasasti, situs batujaya, dll.

Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top