Tari piring berasal dari mana?

Dari mana tari piring berasal? Demikian kiranya pertanyaan Toni dalam sebuah diskusi kelas sewaktu mengikuti pelajaran Kesenian. Tak lama kemudian anggota diskusi yang terdiri dari 5 siswa saling memandang untuk mendahului menjawab pertanyaan tersebut. Adapun beberapa jawaban dari anggota diskusi mengenai pertanyaan tari piring berasal dari tersebut dapat kita ringkas sebagai berikut.

Minangkabau

Ini merupakan jawaban dari Dodi salah satu anggota diskusi. Ia menyatakan bahwa tari piring berasal dari Minangkabau. Dodi menambahkan deskripsi tari piring dengan menyebutkan nya bahwa tarian tersebut merupakan salah satu tarian khas orang Minangkabau yang awalnya dijadikan sebagai salah satu ritual dalam upacara adat khususnya dalam mengungkapkan rasa syukur kepada para dewa pemberi hasil bumi. Demikian sejarah tari piring yang disampaikan oleh Dodi.
tari-piring-berasal-dari-mana-?

Sumatera Barat

Sedikit berbeda dari jawaban Dodi, Adi bersikeras menjawab bahwa tari piring ini berasal dari Sumatera Barat. Hal ini ia kemukakan atas dasar tidak hanya di wilayah Minangkabau tari ini ditemukan. Bahkan tarian yang memiliki gerakan energik ini dikenal pula di negara Malaysia.Ia juga menambahkan mengenai properti tari piring merupakan sebuah mangkok/ piring kecil yang masing-masing digunakan oleh para penari.

Kota Solok

Lebih spesifik lagi Tanti menjawab kota solok merupakan asal mula tarian ini berasal. Solok merupakan salah satu kota yang berada di kawasan Minahasa. Dari kota inilah awal mula tari piring diperkenalkan kepada khalayak umum dalam sebuah upacara adat syukuran atas hasil bumi atau panen masyarakat sekitar.

Dari ketiga pendapat di atas kemudian Ranti yang juga ikut dalam rombongan diskusi menyimpulkan bahwa tari piring berasal dari kota solok dimana para penduduk pribumi merupakan suku Minang atau Minangkabau yang terkenal menyebar di wilayah Sumatera Barat dan sebagian Sumatera Utara. Dengan demikian jawaban ketiga rekannya benar semua dan tidak ada yang salah. 
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top