Siapakah tokoh penemu televisi? Berikut Profil dan Biografinya

Tahukah kamu siapa tokoh penemu televisi?  Penemuan media televisi memang menjadi salah satu penemuan terbesar di dunia. Dimana perkembangan berbagai bidang semakin mengalami peningkatan karenanya. Bayangkan saja media elektronik tersebut memungkinkan sebuah informasi dengan cepat dapat tersampaikan pada orang lain secara efektif. Untuk mengetahui tokoh penemu TV pertama kali silahkan simak uraian di bawah ini.

John Logie Baird Penemu Televisi

Adalah John Logie Baird, inilah sosok jenius yang pertama kali menemukan Televisi. Baird terlahir pada tahun 1888 tepatnya di tanggal 13 bulan Agustus di Skotlandia.
siapakah-penemu-televisi-hari-jadi-ke-90-demonstrasi

Sebagai seorang mahasiswa teknik Braind merupakan salah satu orang yang sangat gemar di bidang elektronik. Hal ini mengantarkan dirinya sebagai seorang yang ahli di bidang elektronik.

Keseriusannya di bidang elektronik dibuktikan dengan minatnya dalam mempelajari gelombang radio yang diusung oleh tokoh penemu sebelumnya yakni Guglielmo Marconi.

Seiring perkembangan kemampuan serta profesionalitasnya di bidang teknik elektro untuk pertama kalinya  Baird menjadi seorang penemu televisi.

Meskipun ide dan gagasannya merupakan perkembangan dari gagasan yang dikemukakan oleh Paul Nikpow seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman namun dunia telah mengakui berkat keseriusan serta kesungguah Baird lah media elektronik televisi dapat ditemukan untuk pertama kalinya pada tahun 1923 dan berhasil mendemonstasikannya pada khalayak ramai pada tahun 1925.

Penemuan tersebut menjadi tonggak sejarah baru perkembangan teknologi informasi di dunia. Terbukti setelah penemuan tersebut banyak para ilmuwan dari berbagai belahan dunia mencoba untuk mengembangkan temuan Baird tersebut.

Sekitar empat tahun setelah pengenalan televisi sebuah stasiun siaran TV pertama kali melakukan siaran pada tahun 1929. Seiring perkembangan teknologi inovasi dalam pembuatan rangkaian televisi berkembang dengan baik pada tahun 1933 dengan menggunakan tabung sinar kotade yang terlihat lebih sempurna dari penemuan Baird.

Menurut sejarahnya, tokoh penemu televisi perta kali tersebut meninggal dunia pada usianya yang ke-57 tahun tepatnya pada tanggal 14 Juni tahun 1946.

Meskipun saat ini Baird telah meninggal dunia lebih dari 69 tahun yang lalu, namun karena jasanya di bidang perkembangan teknologi amat bermanfaat di dunia makanya hingga kini namanya tetap dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan pada hari ini, selasa 26 januari 2016 google doodle menampilkan logo televisi sebagai apresiasi terhadap jasa John Logie Baird sekaligus mengenang hari jadi ke-90 demonstasi televisi yang pertama kali dilakukan oleh Baird.

Dengan membaca uraian singkat di atas tentu kita dapat dengan mudah menjawab siapa tokoh penemu televisi? Beserta profil dan biografinya.
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top