Pengertian Manusia Purba dan Pembagian Zaman Pembentukan Bumi

Pengertian. Halo sobat sejarah, sebelum kita membahas mengenai jenis-jenis manusia purba termasuk manusia purba trinil tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian manusia purba. Untuk itu silahkan simak uraian singkat di bawah ini.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, para ahli geologi telah sepakat membagi proses terbentuknya bumi dalam 4 tahapan atau juga sering disebut dengan 4 zaman. Yakni Zaman Arkhaikum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Zaman Neozoikum.

Dari ke empat zaman tersebut masing-masing zaman memiliki waktu dan kondisi yang berbeda. Sebagai penjelasan:

Pertama: Zaman Arkhikum merupakan zaman dimana kondisi bumi masih sangat panas. Para ahli berkeyakinan bahwa zaman tersebut kondisi bumi masih berbentuk bola gas (ngeri gak tuh?). kondisi bumi yang seperti ini diperkirakan terjadi pada 2.500 juta tahun hingga 12.000 juta tahun yang lalu.

Kedua: Zaman Paleozoikum yakni masa dimana terdapat kehidupan pertama kali di bumi. Kehidupan di bumi yang dimaksud disini adalah kehidupan hewan primitif seperti ubur-ubur, ikan, dan binatang reptil lainnya.

Ketiga: Zaman Mesozoikum dimana pada kondisi bumi masa ini kehidupan telah mengalami perkembangan dan muncul hewan-hewan amfibi seperti buaya, dinosaurus dan binatang raksasa sebangsanya, serta  tumbuhan.
pengertian-manusia-purba

Keempat: Zaman Neozoikum. Zaman neozoikum sendiri dibagi menjadi 2 yakni tertier dan kuarter. Pada zaman tertier kehidupan hewan raksasa mulai mengalami kepunahan dan muncul hewan menyusui sebangsa monyet, dan orang utan. Sementara pada masa berikutnya yakni zaman kuarter kehidupan manusia purba mulai muncul.

Dari pembagian zaman pembentukan bumi di atas dapat kita tarik kesimpulan mengenai pengertian manusia purba adalah sekelompok manusia yang hidup pada awal kemunculan manusia yakni zaman Neozoikum tepatnya pada zaman kuarter dan memiliki cara mempertahankan hidup yang primitif dan belum mengenal tulisan.

Dari uraian di atas semoga dapat memberi penjelasan mengenai pengertian manusia purba sesuai dengan kemunculan dan kehidupannya. Semoga bermanfaat. the leader
Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top