Sejarah Perjanjian Kalijati

Sepanjang perjalanan sejarah kita mengenal perang dan juga perjanjian. Salah satunya adalah perjanjian kalijati yang terjadi pada tahun 1942. Untuk memahami lebih jauh mengenai materi tersebut di bawah ini akan kami uraikan secara singkat mengenai sejarah dan latar belakang perjanjian antara Jepang dan Belanda tersebut.

Perjanjian kalijati merupakan salah satu diplomasi penting dalam sepanjang sejarah. Diplomasi tersebut dilakukan oleh pihak Belanda dan Jepang di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Adapun latar belakang terjadinya diplomasi tersebut dapat diuraikan secara singkat sebagai berikut.

Pada akhir tahun 1941 Jepang yang beranggapan bahwa negaranya merupakan pemimpin di dunia mempora-porandakan pangkalan angkatan laut negara Amerika Serikat tanpa adanya pernyataan perang sebelumnya. Sontak kejadian ini memicu kecaman dari dunia internasional, pada saat inilah baru kemudian Jepang mengumumkan pernyataan perang kepada AS.

Jepang yang bercita-cita membangun Asia Timur Raya berlanjut menunjukkan kekuatannya dengan memperluas daerah jajahan mulai dari Cina hingga ke Indonesia yang waktu itu masih dikenal dengan sebutan Hindia Belanda dan dikuasai pihak Belanda. Mendapat serangan dari pasukan Jepang yang telah siap dengan segala armada perang dan dilengkapi persenjataan sontak membuat pertahanan Belanda di Indonesia terkoyak, hal ini dibuktikan dengan jatuhnya beberapa pangkalan minyak ke tangan Jepang pada awal tahun 1942.
penandatanganan-perjanjian-kalijati

Kekuasaan Jepang di Indonesia kian hari kian bertambah luas bahkan pasukan gabungan sekutu tak mampu menahan serangan tentara Jepang. Pada bulan Oktober tahun 1942 pasukan Jepang berhasil masuk di wilayah Jakarta yang pada saat itu dikenal dengan sebutan Batavia. Serangan Jepang secara bertubi-tubi menggempur benteng-benteng pertahanan Belanda dan berhasil menyerang markas besar pasukan Belanda dengan kemenangan yang gemilang. Atas dasar kemenangan tersebut kedua belah pihak membuat suatu perjanjian pada tanggal 8 bulan Maret tahun 1942 yang dikenal dengan perjanjian kalijati.

Semoga artikel singkat mengenai sejarah serta latar belakang perjanjian kalijati di atas dapat menambah wawasan kita terhadap sejarah nasional Indonesia.
Baca Juga:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top